Music K-Pop

Perkembangan musik K-Pop yang semakin merajalela di dunia ini, ternyata juga membuat Indonesia terkena imbasnya. Setelah ‘serbuan’ K-Drama sejak tahun 2000-an, kiniboyband /girlband/penyanyi asal negeri  ginseng tersebut sudah tidak asing di telinga sebagian peng gemar musik  Indonesia. Bahkan, meski kita bukanlah penggemar K-Pop. Nama-nama se-perti Super JuniorTVXQ, atau SNSD bukanlah hal yang asing kembali.

Perkembangan pesat musik K-Pop itu juga membuat tumbuhnya fandom ( fans kingdom ) bagi idola mereka.

Sudah jadi satu hal yang pasti jika idola pasti memiliki fans. Begitu juga dengan para Hallyu Stars tersebut.  ( Hallyu: dunia hiburan Korea, red ).Yuk, kita berkenalan dengan beberapa fandom-fandom K-Pop tersebut!

1. Super Junior – ELF (Ever Lasting Friends) – warna pearl sapphire blue. Karena jumlah total  member  mereka adalah 15 orang, ini tidak mengherankan jika setiap anggota Super Junior  memiliki  nama  fans  mereka sendiri.  Hal ini yang akhirnya membuat member boy band / girlband lain memiliki nama fans masing-masing juga.

Salah   satu  sub  unit   Super Junior   yakni   Super  Junior  M  memiliki  fans  bernama Flawless.

2. Dong Bang Shin Ki (DBSK) /TVXQ –  Cassiopeia – warna  pearl red,  Cassiopeia adalah gugusan  bintang  yang  terdiri  dari  5  bintang  utama,  sama seperti jumlah total DBSK, 5 personil.  Pada  tahun 2008  dan  2009  mereka  masuk Guinness sebagai fans terbesar di dunia dengan jumlah terdaftar 800.000.

3. SHINee – SHINee World/Shawol – warna pearl aqua, diambil dari nama album pertama SHINee yang berjudul The SHINee World, karena terlalu panjang penyebutannya disingkat menjadi Shawol. SHINee World juga berarti area SHINee yang dipenuhi semangat.

4. Big Bang – VIP, berarti Very Important Person. Lagu kedua mereka, “La La La” juga dia-sosiasikan sebagai  ” Big Bang is V.I.P ”  Tidak  ada  warna resmi namun banner dan light stick Big Bang biasanya kuning dan hitam.

5. 2PM – Hottest, 2PM adalah waktu terpanas dalam satu hari.

6. SS501 – Triple SSS, dalam SS501 berarti  Super Star. Tambahan “S” untuk  kata Supp-orter.

7. 2AM –  I AM, 2PM + 2AM = Satu hari.  Letakkan kedua nama tersebut dan  akan  terbaca “I AM HOTTEST.”

8. FT Island –  Primadonna,  sesuai  dengan  lagu di album  pertama mereka. Bendera ku-ning yang kerap dibawa fans disebut Pentasticks.

9. So Nyeo Shi Dae (SNSD)/Girls Generation – Sone, cara baca SONE yaitu Sowon yang berarti harapan/permintaan, dan merupakan lagu yang ada di album pertama mereka dan judul lagu  “Tell Me Your Wish.” Tapi itu juga punya arti yang mendalam. Sowon dilafalkan “So One” memiliki arti bahwa Girls’ Generation akan selalu satu dengan fans mereka.

10. Wonder Girls – Wonderful, fans yang penuh dengan kekaguman pada Wonder Girls.

11. 2NE1 – Blackjack, 21 adalah angka tertinggi yang bisa diraih seseorang saat bermain Blackjack.

12. CN.Blue – Boice (Blue of Voice), kombinasi  dari ” Blue ” dan “Voice.”  penjelasan  dari FNC Music menegaskan bahwa fans C.N.Blue adalah suara mereka . C.N. Blue = Music / Fans = Voice.

13. B2ST – B2uty/B2stly, Beauty & The Beast

14. After School – Play Girlz,  Pledis  meminta saran dari fans.  Mereka memilih nama ini dari 300 nama karena mereka merasa ini adalah keinginan semua fans dan ini juga nama dari salah satu lagu di mini album mereka.

15. U Kiss – Kiss Me, sangat jelas dan unik,  jika U-Kiss bertanya  ” Siapa  yang  harus ku-cium?” para fans akan berteriak “Kiss ME!” Terlihat cocok, U-Kiss / Kiss Me.

16. MBLAQ – A+,  semua  anggoa  MBLAQ bergolongan darah A,  dan tanda + datang dari arti nama mereka yaitu Music Boys Live in Absolute Quality. “Absolute Quality” adalah A+.

17. Miss A  – Say A,  nama  ini  diumumkan  oleh  Miss A melalui video yang di post di kafe daum mereka dengan harapan fans akan berteriak “Say A” saat mereka tampil.

18. BoA – Jumping BoA, dari ide bahwa musik  BoA membuat fansnya menari dan melom-patlah yang melahirkan Jumping BoA.

19. T-Ara –  Diadem,  banyak nama yang beredar, Diadem adalah yang populer tapi belum diakui resmi oleh Mnet.

20. KARA – Kamilia,  fans Kara dianggap keluarga.   Gabungan  Kara dan bahasa spanyol, Familia menjadi Kamilia.

21. f(x) – Aff(x)tion, sejauh ini f(x) tidak memiliki nama fanclub resmi. Aff (x) tion  adalah na-ma dari forum fans internasional tapi bukan nama resmi fanclub mereka. Balon yang diba-gikan  saat  penampilan  f(x)  bewarna “periwinkle blue” (terlihat seperti lavender).  Namun agensi SM tidak pernah secara resmi, mengumumkan warna tersebut namun bisa kita as-umsikan dari warna balon tersebut.

22. Rain – Cloud,  fans  Rain adalah awannya  karena  awan yang membawa Rain (hujan). sangat sempurna.

23. Brown Eyed Girls (BEG) – Everlasting,  keempat anggota BEG bersatu untuk bersama dengan fans selamanya.

24. 4minute – 4 Nia,  ada  kebingungan dengan warna resmi mereka karena kemiripan de-ngan S.E.S. semenjak itu belum ada lagi pengumuman mengenai warna mereka.

25. Se7en – Lucky Seven, kepercayaan yang dipegang Se7en bahwa fansnya akan mem-berinya keberuntungan.

26. ZE:A – ZE:A’S / ZE:A STYLE, merupakan satu dari 10 kandidat nama untuk fanclub dan dipilih secara voting melalui situs daum dan akhirnya ZE:A STYLE sbg pemenangnya.

27. Infinite – Inspirit,  Woollim  Entertainment  mengadakan  polling  dan Inspirit menerima 70% dari total suara.

28. Teen Top – Andromeda, tidak ada penjelasan resmi, tapi kita bisa asumsikan semen-jak  Andromeda  adalah  anak dari konstelasi bintang  yang sudah disebutkan, Cassiopeia, mungkin itu ada hubungannya ? karena  Andomeda adalah putri dari Cassiopea.  Jadi apa-kah Teen Top putri dari DBSK?

29. Sistar – Star1, Starship Entertainment mengadakan polling dan STAR1 menerima vote paling banyak.

30. Jay Park – Jaywalkers, Jay ingin fansnya memilih nama. Fans telah mengajukan bebe-rapa nama dan terpilih 3 nama oleh jay. akhirnya, fans memilih nama Jaywalkers. Nah, jadi apakah kalian sudah memilih masuk ke dalam fandom apa? terlepas dari perbedaan idola, kita tetap Indonesia dan tidak boleh saling menghina antar fandom. ( kapanlagi.com )

Beberapa videoklip lagu K-PoP dari mereka :

Silahkan tinggalkan pesan Anda :